Sabtu, 05 Mei 2012

Software Untuk Membuat Font Sendiri



Software untuk membuat dan mengedit font sendiri dengan cepat mudah danhasil profesional, sangat cocok untuk bisnis desain publishing berbudget menengah. Jika Anda tidak mempunyai fontyang sesuai dengan keinginan Anda sendiri setelah berhari-hari mencarinya di website download font gratis atau ingin membuatnya sendiri dengan gaya desain yang Anda inginkan. Membuat fontsendiri tidak sesulit yang Anda bayangkan, dan ada sejumlah perangkat lunak yang dapat meringankan pekerjaan Anda dalam pembuatan font tersebut, yang memungkinkan Anda untuk membuat karakter Anda sendiri dan paket mereka ke dalam jenis huruf kustom.
Entah itu sebuah manual teknis, buku petualangan fantasi atau buku harian dari Mesir kuno, ada segala macam publikasi yang mungkin memerlukan simbol dan karakter khusus. Meskipun Anda dapat membuat karakter Anda dalam paket grafis dan meng-import mereka ke dalam perangkat lunak DTP (desktop publishing software) Anda, menentukan ukuran dan menempatkan semua gambar tersebut merupakan proses yang membosankan.
Sebuah pilihan yang jauh lebih baik adalah memiliki jenis huruf disesuaikan yang Anda inginkan, dengan semua glyph yang dibutuhkan tersedia dengan hanya menekan sebuah tombol. Tapi bagaimana seseorang pergi tentang mendapatkan jenis huruf yang berisi semua karakter atau glyph yang Anda butuhkan? Menyewa setter profesional mengkin adaalah cara yang ideal, tetapi kemungkinan biaya ratusan ribu, jika tidak jutaan rupiah. Bagus jika Anda mampu membelinya, tapi jika Anda beroperasi pada anggaran lebih ramping, kita lihat solusi freeware glyph yang memungkinkan Anda untuk membuat font sendiri, simbol, dan glyph.

Fontstruct

Mungkin pilihan termudah untuk tipografi DIY (Do It Yourself) adalah Fonstruct, alat berbasis web dari FontShop. Menggunakan antarmuka berbasis Flash sederhana danbekerja pada prinsip ubin dan grid. Anda memilih ubin yang ingin Anda gunakan, menempatkannya di grid dan secara bertahap membangun garis-garis besar karakter Anda.
Buat font sendiri
FontStructini semacam rumah singgah untuk mengedit pixel dan vektor grafik dan sangat mudah digunakan. Sementara itu memungkinkan untuk pembangunan cepat glyph, terbatasnya jumlah elemen berarti Anda tidak dapat membuat glyph sangat kompleks. Ini menarik untuk dilihat, menyenangkan dan dapat sebagai pengenalan terhadap tipefacetipografi desain.
Kelebihan
  1. Mudah digunakan
  2. Memungkinkan berbagi font mudah dengan pengguna lain
Kekurangan
  1. Terbatas jumlah elemen membuat karakter kompleks tidak mungkin
Link: http://fontstruct.fontshop.com/

Type light 2.2

Jika Anda lebih memilih aplikasi yang dapat Anda download dan instal, Type light 2.2 adalah jawabannya, dia merupakan keturunan CR8 Software’s Type Designer. Meskipun agak terbatas, Type Light memiliki semua alat-alat dasar yang dibutuhkan untuk membuat dan mengedit font dengan jenis TrueType dan OpenType. Sebelumnya pengetahuan grafisvektor adalah keuntungan tersendiri, sebagai program yang menggunakan kurva bezier untuk menghasilkan garis luar / outline font.
Buat font sendiri
Ini perlu dicatat bahwa Type Light adalah perangkat lunak khusus Windows-saja, sehingga pengguna Mac dan Linux akan harus mencari di tempat lain. Selain itu, programini memiliki kondisi perizinan tertentu yang membatasi penggunaan komersial, jadi periksa persyaratan EULA ketika anda menginstal.
Kelebihan
  1. Dapat membuat glyphs yang lebih kompleks
  2. Terinstal pada komputer lokal – bukan berbasis web
Kekurangan
  1. Hanya Windows
  2. Hilang beberapa fitur
  3. Ada lisensi pembatasan
Link: http://cr8.netfirms.com/typelight.html

FontForge

FontForge desainer merupakan software pembentuk font berbasis open source yang pada awalnya hanya ditujukan bekerja pada Linux. Meskipun memiliki daftar fitur lengkap, itu tidak dapat diakses karena opsi lain yang disajikan di sini. Bahkan menginstal program ini dapat melampaui kemampuan beberapa pengguna, karena membutuhkan penggunaan baris perintah dan proses rumit lainnya.
Buat font sendiri
Setelah rintangan ini sudah ditangani, bagaimanapun, FontForge mengungkap dibalik penggunanannya yaitu alat untuk desainer tipografi pemula. Sekali lagi, menggunakan poin dan kurva untuk menentukan garis-garis besar glyph Anda, tetapi tingkat kontrol yang Anda miliki adalah langkah maju dari Type Light. Antarmuka tidak untuk selera semua orang – jelas kurang menarik dan bagian-bagian tertentu dari menggunakan programkonvensi non-standar yang beberapa orang akan kebingungan untuk menggunakannya -tapi ada banyak fungsi dan kemampuan di sini. Dalam beberapa hal, dapat lebih mudah digunakan daripada Type Light, hanya karena pembatasan penggunaan secara built-in lebih sedikit. Bonus tambahannya adalah bahwa software ini mendukung berbagai standar font, termasuk menguraikan Postscript dan SVG.
Kelebihan
  1. Penuh set fitur tool
  2. Cross-platform / dapat bekerja untuk banyak jenis OS
  3. Mendukung beragam standar font
Kekurangan
  1. Instalasi yang kompleks
  2. Antarmuka Non-standar
  3. Masih banyak bug / kadang hank
Link: http://fontforge.sourceforge.net/

Kesimpulan

Setiap alat memiliki kelebihan dan Anda mungkin menemukan bahwa menggunakan kombinasi dari beberapa atau semua itu dari software di atas adalah pilihan terbaik Anda. Sangat mudah untuk membayangkan bekerja di luar karakter dasar dalam Fonstruct dan kemudian mengimpor jenis huruf ke dalam Type Light atau FontForge untuk pengeditan lebih lanjut. Karena tidak berbayar, ada baiknya membuat sampling untuk masing-masingsoftware di atas dan mencocokkan atau menyesuaikan hasilnya dengan kebutuhan proyek desain Anda.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain RSS Feed.
Bila ada yang ditanyakan, saran, tanggapan dan ide kreatif silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.
sumber : ahlidesain.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...